Selasa, 17 Agustus 2010

Bass



Bass Gitar


Gitar bass adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (gitar listrik memiliki enam senar).Tambahan:
Berat dari bass sendiri idealnya lebih berat dari gitar listrik biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar).

Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan ketebalan senar.

Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.

Senar dan Penalaan ( tuning )

Senar dan Penalaan (Tuning)
Empat senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E", "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B", "D-A-D-B (biasanya pola ini dpakai untuk musik-musik underground/ open D), "F-C-G-D" atau "F-C-G-C"
Lima senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E-B" tapi kadang-kadang "C-G-D-A-E".
Enam senar
Biasanya ditalakan ke "A-B-C-D-E-F" atau "C-G-D-A-E-B", walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.

Penalaan di atas diurutkan berdasarkan nomor senar (senar 1, senar 2, dan seterusnya), di mana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass (senar yang paling tipis).

Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar atau pun enam senar dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya. Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dimungkiri pemain beraliran rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya.

Sejarah Bass Gitar


Era 30' - 40'


Pada 1930, musisi dan penemu Paul Tutmarc dari Seattle, Washington, dikembangkan pertama string bass listrik dalam bentuk modern, suatu instrumen yang dirancang cemas akan diadakan dan diputar horizontal. The 1935 penjualan katalog untuk perusahaan Tutmarc's, audiovox, fitur "nya Electric Bass fiddle,", empat senar padat-sehat, instrumen bass cemas listrik dengan panjang skala 30 ½ inci. [7] Perubahan ke bentuk "gitar" membuat instrumen yang lebih mudah untuk menahan dan transportasi, dan penambahan frets bassists diaktifkan untuk bermain dalam lagu dengan lebih mudah. Sekitar 100 dari instrumen ini telah dilakukan selama periode ini.
Sekitar 1947, anak Tutmarc's, Bud, memulai pemasaran bass mirip dengan merek Serenader, menonjol diiklankan di LD nasional didistribusikan Heater Co pemborong katalog grosir '48. Namun, penemuan Tutmarc keluarga tidak mencapai keberhasilan pasar.

Era 50' - 60'

Pada 1950-an, Leo Fender mengembangkan bass listrik pertama yang diproduksi secara massal Fender Precision Bass Nya, diperkenalkan pada tahun 1951,. Menjadi standar industri luas ditiru. The Precision Bass (atau "P-bass") berevolusi dari yang sederhana, uncontoured "slab" tubuh desain serupa dengan seorang Telecaster pickup dengan koil tunggal, untuk desain tubuh berkontur dengan tepi miring untuk kenyamanan dan satu empat-kutub "pickup koil tunggal." Ini "split pickup", diperkenalkan pada tahun 1957, tampaknya telah pickup mandolin dua (Fender adalah pemasaran benda padat empat senar mandolin listrik pada saat itu). Karena potongan gulungan kutub terbalik dengan menghormati satu sama lain, dan sadapan juga terbalik dengan menghormati satu sama lain, kedua kumparan, kabel secara seri, menghasilkan efek humbucking (efek yang sama tercapai jika kumparan disadap secara paralel).



The "Fender Bass adalah instrumen baru yang revolusioner, yang dengan mudah bisa dimainkan oleh gitaris listrik, dapat mudah diangkut ke sebuah pertunjukan, dan bisa diperkuat untuk apa saja volume tanpa makan kembali" [9] Biksu Montgomery adalah yang pertama pemain bass untuk wisata dengan gitar bass Fender, dengan band sesudah perang besar Lionel Hampton [10] Roy Johnson, yang menggantikan Montgomery di band Hampton., dan licik Henry dengan Louis Jordan & Nya tympani Lima, yang lain awal Fender Bass perintis. [8 ] Bill Black, bermain dengan Elvis Presley, mengadopsi Fender Precision Bass di sekitar tahun 1957.





Fender standar jazz bass

Gibson EB - 1

Setelah memimpin Fender, Gibson merilis Electric Bass berbentuk biola dengan pin diperpanjang akhir tahun 1953, memungkinkan untuk dimainkan tegak atau horizontal. Gibson namanya . Bass Electric pada tahun 1958 sebagai-1 EB (The-EB 1 diterbitkan kembali sekitar tahun 1970, tapi kali ini tanpa akhir pin) Juga pada tahun 1958 Gibson dirilis maple top melengkung EB-2 dijelaskan dalam Gibson. katalog sebagai A bass listrik berlubang-badan yang memiliki Bass / Baritone tombol tekan untuk dua karakteristik tonal yang berbeda [13]. Pada tahun 1959 ini diikuti oleh lebih konvensional tampak EB-0 Bass. The-EB 0 sangat mirip dengan Gibson SG dalam penampilan (walaupun contoh awal memiliki bentuk tubuh tinggi dan kurus lebih dekat dengan ganda-cutaway Les Paul Khusus).

 Gibson EB - 1 .. 1954









Gibson EB-3

Sedangkan pickup Fender bass telah terpasang dalam posisi di antara pangkal leher dan bagian atas jembatan, banyak dari awal bass Gibson menampilkan satu pickup humbucking terpasang secara langsung terhadap saku leher. The EB-3, diperkenalkan pada tahun 1961, juga memiliki "mini-humbucker" pada posisi jembatan. Gibson bass juga cenderung lebih kecil, instrumen sleeker.
"bass skala sampai 1963 dengan rilis dari Thunderbird, yang juga merupakan bass Gibson pickup pertama yang menggunakan dual-humbucking dalam posisi yang lebih tradisional, sekitar setengah antara leher dan jembatan. Sejumlah kecil perusahaan lainnya juga mulai memproduksi gitar bass selama tahun 1950-an: Kay pada tahun 1952, dan Danelectro pada tahun 1956.
Pertama diperkenalkan pada tahun 1960, Jazz Bass Fender dikenal sebagai Bass Deluxe dan dimaksudkan untuk menyertai Jazzmaster gitar. Jazz The Bass (sering disebut sebagai bass "-J") menampilkan dua single-coil pickup, satu dekat jembatan dan satu di Precision bass 'split posisi pickup koil. The bass produksi awal memiliki 'ditumpuk' volume dan kontrol nada untuk masing-masing pickup. Ini segera berubah menjadi akrab konfigurasi kontrol volume untuk masing-masing pickup, dan kontrol, nada tunggal pasif. leher Jazz The Bass 'sempit pada kacang daripada bass Precision (1 ½ "versus 1 ¾"). 




Perbedaan lainnya visual yang mengatur Jazz Bass terpisah dari Precision adalah "yang offset-pinggang" tubuh. Pickup bentuk gambar pada bass listrik sering disebut sebagai "P" atau "J" pickup yang merujuk pada perbedaan visual dan listrik antara Bass Precision dan Jazz Bass pickup. Secara signifikan, Fender memilih untuk label headstock model ini dengan mencatat stiker Jazz Bass Electric Bass [3].

Fender juga mulai produksi Mustang Bass, sebuah 30 "panjang skala instrumen yang digunakan oleh bassists seperti Tina Weymouth dari Talking Heads dan Bill Wyman dari The Rolling Stones (" P "dan" J "bass memiliki panjang skala 34", sebuah desain ulang pada kebanyakan bass listrik produksi saat ini semua membuat).

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, alat itu sering disebut "Fender bass", karena dominasi Fender awal di pasar.
 


1970' 

Pada tahun 1970 Music Man Instrumen ditemukan oleh Tom Walker, Forrest Putih dan Leo Fender, yang menghasilkan Ray Sting, bass pertama yang diproduksi secara luas dengan aktif (powered) elektronik. Ini adalah sebesar impedansi penyangga pra-penguat on-board instrumen untuk menurunkan impedansi output dari rangkaian pickup bass itu, output low-end meningkat, dan respons frekuensi secara keseluruhan (lebih rendah dan tertinggi). model khusus menjadi teridentifikasi dengan gaya musik tertentu, seperti seri Rickenbacker 4001, yang menjadi teridentifikasi dengan rock progresif seperti Chris Squire bassists dari Ya, sedangkan ikan pari digunakan oleh Louis Johnson dari band funk The Brothers Johnson.

Pada tahun 1971, Alembic template untuk membentuk apa yang dikenal sebagai "butik" atau "high end" gitar bass listrik. Ini, mahal instrumen yang disesuaikan dengan kebutuhan, seperti yang digunakan oleh Stanley Clarke, fitur desain yang unik, tubuh premi kayu tangan-selesai, elektronik onboard untuk preamplification dan pemerataan, dan inovatif seperti konstruksi teknik konstruksi leher-melalui-badan multi-laminasi dan grafit leher . Pada pertengahan 1970-an, Alembic dan produsen bass butik lainnya, seperti Tobias, menghasilkan empat-string dan bass lima-string dengan string "rendah B". Pada tahun 1975, bassis Anthony Jackson luthier Carl Thompson ditugaskan ke enam-string bass disetel (rendah ke tinggi) B0, E1, A1, D2, G2, C3.
 

1980' - 2000' 

 Pada 1980-an, desainer bass terus mengeksplorasi pendekatan baru. Ned Steinberger memperkenalkan bass headless tahun 1979 dan melanjutkan inovasi di tahun 1980-an, dengan menggunakan grafit dan bahan-bahan baru lainnya dan (di 1984) memperkenalkan tremolo bar Trans-Trem. Pada tahun 1987, Persekutuan Guitar Corporation meluncurkan bass Ashbory fretless, yang digunakan tali karet silikon dan pickup piezoelektrik untuk mencapai sebuah bass "ganda" suara dengan panjang 18 pendek "skala. Pada akhir 1980-an, MTV" Unplugged "menunjukkan, yang menampilkan band tampil dengan instrumen akustik, membantu mempopulerkan bass akustik gitar hollow-bertubuh diperkuat dengan pickup.

Selama tahun 1990-an, sebagai lima-string bass menjadi lebih banyak tersedia dan lebih terjangkau, peningkatan jumlah bassists dalam genre mulai dari logam untuk Injil mulai menggunakan instrumen lima-string untuk ditambahkan rentang yang lebih rendah - rendah "B" di bawah "standar E "string. Beberapa pemain bass yang banyak dilakukan dalam setting yang digunakan solo bass lima-string untuk mendapatkan rentang yang lebih tinggi dengan menambahkan "tinggi C" string sebagai string yang kelima. Selain itu, elektronik onboard bertenaga baterai seperti preamplifiers dan sirkuit equalizer, yang sebelumnya hanya tersedia pada mahal "butik" instrumen, menjadi semakin tersedia pada harga rendah hati bass.

Pada tahun 2000-an, beberapa produsen bass termasuk sirkuit digital dalam pemodelan instrumen untuk menciptakan nada dan suara dari banyak model bass (misalnya, Line 6 Variax's bass). bass desain tradisional seperti Fender Precision Bass dan Fender Jazz Bass tetap populer di tahun 2000-an, pada tahun 2006, sebuah Anniversary P-bass 60 diperkenalkan oleh Fender, bersama dengan pengenalan Fender Jaguar Bass.

1 komentar:

  1. Materinya bagus. Sayang bahasanya terjemahan langsung pake mesin. Jadinya ya susah dimengerti. Tolong diedit lagi mas. Terima kasih. Semangaaattt

    BalasHapus